Pengantar

Saat ini perkembangan Teknologi Informasi sedemikian pesatnya sehingga mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Aspek pendidikan tidak luput dari pengaruh perkembangan teknologi tersebut dan memberikan sumbangan nyata beragam inovasi dalam proses belajar yang ada disekolah

Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi adalah Unit Pelaksana bidang komputer dan sistem informasi. Unit ini dipimpin oleh seorang ketua yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor.

Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan sistem komputer dan pelayanan informasi. Dalam melaksanakan tugas tersebut, Pusat Komputer dan Sistem Informasi menyelenggarakan fungsi pelaksanaan dan pelayanan operasionalisasi sistem informasi, pengembangan sistem dan program komputer serta pelayanan informasi. Di dalam kegiatannya, fungsi PusTIK (Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi) dimaksudkan untuk mendukung kegiatan administrasi dan akademik dengan mengembangkan sistem informasi akademik terpusat. Dengan sistem informasi akademik terpusat ini data administrasi akademik akan terintegrasi secara menyeluruh dengan memanfaatkan jaringan komputer (Wide Area Network) yang memudahkan pelayanan akses bagi seluruh sivitas akademika Universitas baik di dalam lingkungan kampus maupun di luar kampus. Dengan sistem informasi akademik terpusat yang memanfaatkan teknologi komputer ini pula, Pusat Komputer dan Sistem Informasi diharapkan mampu menghasilkan informasi dalam waktu yang singkat, mempermudah pekerjaan rutin, serta membuat artificial intelegency bagi pekerjaan yang dikerjakan oleh tenaga dengan kemampuan yang relatif rendah jika dibandingkan dengan kriteria tenaga yang dibutuhkan oleh pekerjaan tersebut.

Fasilitas komputer di fungsi PusTIK selain dipergunakan untuk mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi, juga dipergunakan oleh Universitas untuk melaksanakan sasaran utama program pembinaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pusat Komputer dan Sistem Informasi dalam hal ini mengkoordinasi penyediaan sarana komputer dan perangkat multimedia dalam pelaksanaan kegiatan Pendidikan dan Pengajaran yang berbasis Teknologi Informasi dan mengkoordinasi pengaturan jadwal perkuliahan/praktikum.